Dukung Program JGKWL, Dinas Kependudukan Dan Capil Genjot Pelayanan Adminduk -->
Cari Berita

Advertisement

Dukung Program JGKWL, Dinas Kependudukan Dan Capil Genjot Pelayanan Adminduk

Rabu, 02 Juni 2021

 
Dudi Fatah

 

MINUT -- Untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati terkait pelayanan administrasi kependudukan Induk (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) melalui Kepala Dinas terus memaksimal pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Kadis Capil Dudi Fatah saat ini pelayanan administrasi terhadap masyarakat dibuat sebaik mungkin dengan tetap mempertimbangkan waktu kerja.
"Selama masa jam kerja Capil tetap akan melayani masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi baik KK, KTP dan Pembuatan Akta Kelahiran," tutur Fatah.

Bahkan, Kadis Capil menggranai bahwa proses pengurusan mulI KTP, KK dan Akta Kelahiran bisa berlangsung selama 10 menit.

"Jadi batas pelayanan selesai 10 aaamenit itu dimulai sejak masyarakat yang bersangkutan bertemu denga petugas kami di Capil dan bersama kelengkapan berkas. Tentu jika ada yang tidak lengkap berkas maka itu harus dilengkapi duku sebagai syarat wajib," tukas Fatah.

Di sisi lain, Capil saat ini sudah membedakan pelayanan antara masyarakat di daratan dan dari kepulauan biar sama-sama mendapatkan pelayanan yang sama dari Capil.

"Jadi ada jarak yang membedakan antara warga di daratan dan kepulauan sehingga pelayananya tak boleh dibedakan. Realnya khusus warga kepulaua mereka kita buatkan pelayanan khusus di Capil sehingga mereka mendapatkan kesemoatan yang sama di Capil," pungkasnya.

Bahkan saat peringatan hari lahir Pancasila dan pencanangan program revolusi Mental Senin (1 Juni 2021), Capil melakukan pelayanan Adminduk cetak KTP, KK dan Akta Kelahiran langsung selesai.(ayi)