Diduga Ada Pencemaran, Legislator Boltim Tinjau Aktivitas Penambangan -->
Cari Berita

Advertisement

Diduga Ada Pencemaran, Legislator Boltim Tinjau Aktivitas Penambangan

Selasa, 14 Desember 2021

Sunarto Kadengkang (topi Merah) Ketua KUD Nomontang (kaca mata hitam) bersama anggota DPRD Boltim melihat langsung aktivitas pertambangan di wilayah IUP.(foto:ist)

 

BOLTIM -- Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur meninjau kegiatan penambangan emas di wilayah IUP milik KUD Nomontang di Desa Lanut.

Pasalnya, Senin (13/12/2021), langkah tersebut dilakukan terkait adanya dugaan pencemaran di dua aliran sungai Molobog dan Nuangan yang diduga berasal dari aktivitas pertambangan di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Koprasi Unit Desa (KUD) "Nomontang."

Setelah peninjauan langsung di lokasi, mendapati ada penambangan yang melakukan aktivitas di luar areal IUP "Nomontang"

Itulah sebabnya mengapa sungai di Nuangan nampak kecokelatan. Pun, secara teknis belum bisa dipastikan mengenai kandungan pencemarannya.

“Ternyata ada masyarakat yang melakukan aktivitas penambangan di luar wilayah Nomontang,” ucap Sunarto Kadengkang.

Sementara untuk sungai Molobog, nampaknya berasal dari aktivitas penambangan di wilayah IUP Nomontang itu sendiri. Pasalnya, sejumlah penambang yang sudah menggunakan alat berat, terindikasi kuat sengaja membuang limbah sembarangan.

“Makanya kami tegaskan, harus ada pengawasan ketat baik dari KUD maupun instansi terkait. Bila perlu lakukan pencabutan izin produksi,” tegas Ketua DPD Partai Perindo.

Turut hadir instansi terkait,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boltim Sjukri Tawil, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Boltim, Hasirwan juga ikut meninjau langsung.(yudi)