MENGUATKAN NILAI MODERASI BERAGAMA VIA NONTON BARENG -->
Cari Berita

Advertisement

MENGUATKAN NILAI MODERASI BERAGAMA VIA NONTON BARENG

Selasa, 25 Januari 2022


Pembina Rohis SMA Negeri 1 Manado, Supriadi (topu masker putih) usai kegiatan nonton bareng film Merindu Cahaya de Amstel kemarin (24/1) bersama sekira 40 an peserta didiknya.(foto:ist)

 

SEJAK digaungkan beberapa waktu lalu, kampanye moderasi beragama terus saja meluncur sebagai  upaya memahamkan penerapan agama secara moderat. Apalagi bagi generasi milenial yang akan melanjutkan estafeta kepemimpinan bangsa ini. Sekolah sebagai bagian penting dari penanaman awal tentang moderasi beragama pun turut andil dalam proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran.

“Penanaman nilai-nilai moderasi beragama itu perlu terus dilakukan. Tidak saja ketika proses belajar dalam kelas, namun di luar kelaspun harus ada upaya penanaman nilai-nilai luhur tersebut.” Ungkap Supriadi, Pembina Rohis SMA Negeri 1 Manado usai kegiatan nonton bareng film Merindu Cahaya de Amstel kemarin (24/1) bersama sekira 40 an peserta didiknya.

Menurut Supriadi, meski film tersebut diwarnai dengan kisah cinta segitiga, namun film besutan sutradara Hadrah Daeng Ratu yang diangkat dari Novel karya Arumi E. itu cukup sarat dengan makna dan nilai moderasi beragama. Misalnya, gambaran Islam sebagai rahmatan lil’alamin dan kehidupan yang harmonis dan toleran.

“Islam memberikan kebebasan kepada siapapun untuk mengkaji dan mempelajari agama ini, karena Islam menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dalam kehidupan” lanjut Supriadi yang juga Ketua AGPAII Prov. Sulawesi Utara.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Manado Noufi Karamoy menanggapi positif kegiatan tersebut. “Saya salut dan bangga bahwa Rohis sebagai tempat berkiprahnya siswa muslim di SMA Negeri 1 Manado tak pernah berhenti untuk mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama. Salah satunya melalui kegiatan nonton bareng sebuah film religi yang diputar di Studio XXI Megamall Manado.” Ujar Kepsek yang ramah ini.(***)