PILHUT: Ingatkan Soal Netralitas, Bupati Joune Ganda Lantik Panitia Daerah dan Kecamatan Pesta Demokrasi -->
Cari Berita

Advertisement

PILHUT: Ingatkan Soal Netralitas, Bupati Joune Ganda Lantik Panitia Daerah dan Kecamatan Pesta Demokrasi

Selasa, 28 Juni 2022

Bupati Joune Ganda saat menyerahkan SK Panitia Daerah dan Kecamatan yang menandai dimulainya tahapan Pilhut.


MINUT -- Genderang pesta demokrasi Pemilihan Hukum Tua di Minahasa Utara (Minut) sudah berbunyi. Bertempat di pendopo Kantor Bupati disaksikan unsur Forkopimda Minut, Bupati Joune JE Ganda, SE melantik panitia daerah dan Kecamatan untuk menyukseskan Pilhut 46 desa di Minut.

"Pilhut tahun ini akan kita laksanakan tanggal 27 September dan dari 102 Desa yang ada tahun ini baru 46 Desa yang akan melaksanakan Pilhut sisanya nanti akan dilaksanakan tahun depan," ujar Bupati JG.




Berdasarkan pantauan media ini, tahapan Pilhu ini ditandatai dengan penyerahan
SK Bupati Nomor 264 tahun 2022 kepada Asisten 1 Setkab Minut Jane Simons.

Dalam sambutan Bupati JG, pertama-tama mengingat masyarakat agarvtetap waspada terhadap penyebaran C-19 dengan tetap menerapkan Prokes.


Ia berharap, agar setelah pelantikan panitia Daerah dan Kecamatan bisa langsung  melakukan koordinasi, utamanya dengan Camat untuk menggambarkan situasi dan kondisi tempat dilaksanakan Pilhut.



"Kalau lihat tahapan Pilhut rencananya akan dilaksanakan 27 September 2022 waktunya jika diukr dari sekarang sudah tidak lama.



Sedangkan proses persiapanya Pilhut ini dilakukan sudah sangat lama dan ini jadi modal untuk tahapan Pilhut dilakukan secara aman dan nyaman, dan tidak ada gejolak dan gugtan, untuk itu panitia harus bekerja secara maksimal.



Bupati berpesan agar netralitas panitia dijaga, jika ada yang berpihak segera laporkan karena itu akan jadi cikal bakal pertentangan dan kericuhan dan harus seger diantisipasi.


Begitu juga dengan kertas suara yang harus dijaga kerahasianya namun dengan hadirnya TNI dan Polri yang sudah berpengalaman maka kertas suara akan aman," papar Bupati.


Lebih jauh ditambahkan Bupati suksesnya kegiatan Pilhut nanti tak dari adanya pengawasan dari lembaga DPRD yang yang menjadi fungsi kontrol jalanya roda pemerintahan.


Hadir pada launching ini, Ketua DPRD Denny Lolong, Kapolres AKBP Bambang Yudi Wibowo, perwakilan Dandim wilayah Minut Bitung Manado, Kajari Yohanes Priyadi, perwakilan Polres Manado dan Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Rivino Dondokambey.(ai)