Jadi Kebanggan, Bupati JG Canangkan Kauditan Satu Sebagai Desa Cantik -->
Cari Berita

Advertisement

Jadi Kebanggan, Bupati JG Canangkan Kauditan Satu Sebagai Desa Cantik

Kamis, 14 Juli 2022

Bupati Minut Joune Ganda (masker merah) saat mencanangkan Desa Kauditan Satu sebagai Desa Satatistik (Desa Cantik).(foto:ist)


MINUT -- Warga Minahasa Utara patut berbangga. Pasalnya, untuk kali kedua Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE MAP mencanangkan Desa Kauditan Satu, Kecamatan Kauditan sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang diselenggarakan di Pondok Doa F. Kalempouw, Rabu (13/07/2022). 



Dalam sambutannya, Bupati Joune Ganda menyampaikan ucapan syukur atas karunia Tuhan dengan pencanangan Desa Kauditan Satu sebagai Desa Cantik yang kedua, setelah sebelumnya pencanangan Desa Cantik pertama di Desa Kawangkoan. 


"Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Kabupaten Minahasa Utara. Dengan adanya desa cantik ini sangat besar manfaatnya, karena bisa melakukan pemetaan atas potensi apa saja yang dimiliki oleh desa," kata Bupati Joune Ganda. 


"Kalau setiap desa memiliki data yang akurat, kita bisa melakukan tindakan yang tepat dan cepat mengetahui berapa banyak data petani yang dikelompokkan baik petani ladang dan petani sawah," ujar Bupati Joune Ganda. 


"Dengan adanya data-data yang jelas, hal itu akan sangat membantu dan menjadi cara yang cepat pada saat mendistribusikan bantuan," lanjut Bupati Joune Ganda. 


Bupati Joune Ganda berharap Desa Cantik ini akan memotivasi Desa-desa lainnya, karena Desa Cantik adalah program percepatan dari BPS dalam lingkup Desa, untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa. 


Pencanangan Desa Kauditan Satu sebagai Desa Cantik ditandai dengan pemukulan Tetengkoren oleh Bupati Minahasa Utara. 


Turut hadir dalam pencanangan tersebut, Sekda Minut Rivino Dondokambey, Kajari Minut Yohanis Priyadi, Kepala BPS Minut Carlos Siburian, Perwakilan BPS Sulut Sembodo Adi, Kepala BPS Bitung Hendra Tumbelaka, Asisten Administrasi Pembangunan Allan Mingkid, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolajan, Kadis Kominfo Theodore Lumingkewas, Perwakilan PN Airmadidi, para Camat dan Hukum Tua se-Kecamatan Kauditan.(ai)