Menanti Terbentuknya Kabinet Minut Hebat, JG-KWL Bakal Lantik Pejabat Esellon II Hasil Job Fit -->
Cari Berita

Advertisement

Menanti Terbentuknya Kabinet Minut Hebat, JG-KWL Bakal Lantik Pejabat Esellon II Hasil Job Fit

Jumat, 15 Juli 2022

Ki-ka Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin W Lotulong.(Foto:Ist)


MINUT -- Dugaan mall birokrasi di sepanjang kepemimpinan Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Wabup Kevin W Lotulong sejak dilantik, Jumat (26/2/2021) di gedung Graha HV Worang Bumi Beringin Sulut, hingga Kamis (14/07/2022) saat ini, sejatinya menjadi pelajaran berharga bahwa mengelolah pemerintahan tak semudah membalikan telapak tangan.


Faktanya sebut saja pencopotan Kaban BKPSD Styvi Watupongoh saat di 'non jobkan' dalam jabatan definitif yang kemudian diangkat menjadi Plh Dishub lewat SK Bupati dimana endingnya kemudian yang bersangkutan secara diam-diam dikembalikan dalam jabatan kepala BKPSDM karena menyalahi prosedur birokrasi setelah mendapat teguran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang didahului dengan surat teguran Gubernur Sulut Olly Dondokambey. 

Pun yang paling anyar dan viral hingga sempat menjadi berita nasional adalah pengangkatan kepala sekolah dasar di desa Warukapas yang bahkan sekolah serta bangunanya tak ada (baca rolling) Pemkab Minut.

Belajar dari pengalaman 'pahit' yang akan menjadi sejarah mengiringi perjalanan duo kepemimpinan pilihan rakyat Minut periode (2021-2024) Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin William Lotulong, jelang rolling (penyegaran) pejabat esellon II, III dan IV nanti di lingkup Pemkab dimana terinformasi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Harapan besar disematkan di Kabinet Minut Hebat nanti sesuai dengan judulnya dan dapat menempatkan pejabat yang handal yang mampu menjakankan  visi dan misi JG-KWL gun mensejahterakan masyarakat Minut.

"Bupati Joune Ganda adalah orang cerdas dan hebat hanya saja saat ini beliau masih dikelilingi orang-orang yang belum mampu mengimbangi karakternya.

Nah, diharapkan dengan hadirnya Kabinet Minut Hebat yang asli produk JG-KWL jajaran pejabat nanti mampu dan loyal dalam menjalankan peraturan dan loyal dalam mengamabkan kebijakan, sehingga roda keseimbangan roda pemerintahan di Minut dapat berjalan sesuai koridor yang telah dirumuskan oleh JG-KWL dalam RPJMD Pemkab Minut," ujar salah satu Tokmas Minut di Airmadidi Hi Husen Tuahuns.

Tuahuns menambahkan seyogyanya kecerdasan bupati Joune Ganda diimbangi dengan para pembisik yang juga cerdas sehingga Minut menuju ke arah pembangunan yang hebat.

"Jadi para pembisik di lingkaranya Bupati harus mengikuti kecerdasan Buoati jangan hanya karena kepentingan person kemudian harus mengorbankan banyak orang yang akhirnya jadi rugi kita semua. Makanya saya sampaikan agar para pembisik juga harus ikut cerdas seperti Bupati," tandasnya.

Selanjutnya, bukti akan segera terbentuknya Kabinet Minut Hebat adalah dengan dikembalikanya Kadis Pendidikan Olfy Kalengkongan belum lama ini dan diikuti Kadis Kominfo Theo Lumingkewas sebagai Kadis definitif dalam jabatan mereka masing-masing setelah sebelumnya sempat di non jobkan.

Ini menjadi indikasi kuat bahwa gerbong pejabat esellon II yang telah mengikuti job fit medio Februari 2022 lalu akan segera bergerak.

Bahkan terinformasi Kaban BKPSD Styvi Watupongoh saat ini sedang berada di KASN menjemput rekomendasi untuk digelarnya roling/pelantikan pejabat. Sayangnya, saat dihubungi di HP Selularnya Styvy Watupongoh tak bisa dihubungi.

Meski begitu, belum lama ini Bupati Joune Ganda dihadapan awak media yang biasa meliput di Minut mengaku bahwa khusus rolling pejabat esellon II, Pemkab tinggal menunggu hasil verifikasi dari KASN kata Bupati JG, saat menjawab pertayaan wartawan kapan akan diumumkan rolling esellon II berdasarkan hasil job fit.

"Proses usulan rolling ini sudah kita laksanakan secara berjenjang sesuai ketentuan birokrasi. Dan khusus pejabat esellon dua kita sedang menunggu hasil verifikasi KASN, jika sudah selesai dan kita terim Mka akan langsung dilakukan pelantikan," pungkas Bupati JG.(ai)