Survei Penilaian Integritas KPK Di Pemkab Minut 2 Persen di Atas Angka Nasional -->
Cari Berita

Advertisement

Survei Penilaian Integritas KPK Di Pemkab Minut 2 Persen di Atas Angka Nasional

Kamis, 14 Juli 2022

Tim Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK RI didampingi jajaran pejabat Pemkab Minut saat mengumumkan hasil survei bertempat di Pendopo Kantor Bupati Minut.(foto:ist)


MINUT -- Guna menciptakan Good governanve and clean governance dalam penyelenggaraan pemerintahaan, lembaga anti rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melaksanakan Survei Penilaian Integritas (SPI).


Untuk survei di Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Penilaian Integritas (SPI) yang dilakukan oleh lembaga anti body ini di tahun 2021 memberikan nilai 74,5 persen.

Dengan begitu pencapaian nilai integritas Pemkab Minut dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung lebih tinggi 2 persen dari angka rata-rata nasional, sebesar 72,4 persen.

Menurut Tenaga Ahli KPK Ario Kristantro didampingi tim SPI KPK RI saat melakukan audensi bersama jajaran Pemkab Minut, di Pendopo Kantor Bupati Minut, Senin 11 Juli 2022 yang dihadiri Sekretaris Daerah Drs Rivino Dondokambey mewakili Bupati Minut bersama unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“ Survei Penilaian Integritas bertujuan untuk mengukur tingkat korupsi di Indonesia. Minahasa Utara untuk tahun 2021 mendapat nilai 74,5 persen. Angka ini lebih tinggi 2 persen diatas nilai rata-rata nasional yakni 72,4 persen,” ujar Ario.

Lanjut dikatakan Ario, sosialisasi SPI tahun 2022 di Kabupaten Minahasa Utara telah dicanangkan oleh KPK. Dan direncanakan lakukan survei terhadap 200.000 responden.

“ Untuk itu perlu ada kerjasama dari organisasi perangkat paerah Kabupaten Minahasa Utara dalam membantu KPK memperoleh data secara manual, terkait penilaian integritas karena tak semua masyarakat maupun responden memiliki akses smartphone aplikasi WhatsApp untuk disurvei, “ ujar Ario.

Bupati Joune Ganda melalui Sekertaris Daerah Rivino Dondokambey, mengapresiasi atas pertemuan tersebut.

“Atas nama bupati dan wakil bupati kami menyampaikan terima kasih kepada Tim Tenaga Ahli KPK Ario Kristantro bersama Tim SPI atas audiensi dengan perangkat daerah, saya juga berharap bantuan dan kerja sama dari teman-teman di pemerintah daerah, terutama perangkat daerah, karena datanya sangat banyak dari perangkat daerah,” kata Dondokambey.(ai)