Masyarakat Dorong Kajari, Transparansikan Aliran Dana Covid 19 Tahun anggaran 2021 -->
Cari Berita

Advertisement

Masyarakat Dorong Kajari, Transparansikan Aliran Dana Covid 19 Tahun anggaran 2021

Selasa, 02 Agustus 2022

Husen Tuahuns


MINUT -- Langkah kajari Minahasa Utara (Minut), Yohanis Priyadi SH,MH yang berencana akan memanggil pihak-pihak terkait dalam pembahasan dana Covid 19 TA 2021 APBD Minut di Pansus Laporan Pertanggung-jawab (LPJ) sekira Rp128 Milliar di DPRD menuai dukungan. 


Tokoh masyarakat Husen Tuahuns angkat bicara dan memberikan dukunganya terhadap Kajari Minut, terkait mekanisme pembahasan Pansus dana Covid 19 yang bekum transparan.

Tuahuns yang juga mantan anggota DPRD Minut periode 2009-2014 menjelaskan lembaga dan anggota DPRD itu adalah representasi rakyat.

"Pembahasan pemanfaatan anggaran dana Covid-19 di Pansus LPJ adalah benteng terakhir dari masyarakat untuk mengetahui aliran dana covid 19 sebagai bagian dari transparansi publik.

Namun apabila ditingkat Pansus LPJ dokumen dana Covid-19 tidak dibahas di meja Pansus  LPJ dan hanya dimasukkan ke Sekretariat bagaima masyarakat bisa mengetahui pemanfaatan dana tersebut," papar Tuahuns.

Untuk itu, Tuahuns memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Kajari Yohanis Priyadi SH, MH terhaddp upaya-upaya yang dilakukan termasuk mengklarifikasi pihak-pihak yang ikut dalam Pansus LPJ.

"Setidaknya masih ada ada lentera yang bisa menerangi masyarakat dalam kegelapan yang membuka asa keingin tahuan warga Bumi Klabat  tehadap aliran anggaran APBD 2021 Pemkab Minut yang digunakan dalam penangan semasa Pandemi Covid 19 melanda," pungkas lelaki berkumis yang sudah lama berdomisili di Airmadidi.

Sebelumnya diberitakan, silang pendapat pembahasan dana Covid 19 sekira Rp120 Milliar di pembahasan Pansus LPJ Tahun Anggaran (TA) 2021 yang telah diparipurnakan DPRD Minahasa Utara (Minut) baru-baru ini menarik perhatian Aparat Penegak Hukum (APH). (Baca aliran dana covid 19 TA 2021).


"Surat perintah tugas (Sprintug) sedang disiapkan di bagian Intel Kejari Minut. Kalau sprintug sudah keluar, kami akan memanggil pihak terkait mulai dari anggota Pansus dan pimpinan SKPD Pemkab yang ikut terlibat dalam pembahasan Pansus LPJ dana Covid 19 tahun 2021 untuk diminta klarifikasi," ujar Kajari Minut Yohanis Priyadi SH MH.(@i)