PROYEK SPAM Rp1,3 M Di MAKALISUNG DIDUGA 'CA BERES' SEKJEN LP3 SULUT MINTA POLDA TURUN PENYELIDIKAN -->
Cari Berita

Advertisement

PROYEK SPAM Rp1,3 M Di MAKALISUNG DIDUGA 'CA BERES' SEKJEN LP3 SULUT MINTA POLDA TURUN PENYELIDIKAN

Kamis, 11 Agustus 2022

Salah satu bagian penampakan proyek SPAM senilai Rp1,3 Milliar di desa Makalisung Minahasa Utara.(Foto:Ist)


MINUT -- Diduga proyek tak beres Aparat Penegak Hukum (APH) Polda Sulut diminta turun memeriksa pekerjaan SPAM berbandroll sekiraRp1.3 Milliar di desa Makalisung Kabupaten Minahasa Utara.


"Saya minta aparat penegak hukum dalam hal ini Polda Sulut untuk turun melakukan penyelidikan, karena saya melihat dari kondisi servoirnya ada yang tidak beres dari proyek SPAM ini. Penampakanya sama seperti sepiteng dan ini di duga pasti tidak sesuai dengan RAP," tukas Sekjen LP3 Sulut Calvin Limpek.

Untuk itu, Sekjen LP3 Sulut meminta agar pihak Kepolisian melakukan pemanggilan terhadap Kontraktor pelaksana dan PPK serta Kabid dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Utara.

"Ini pekerjaan jelas terlihat asal-asalan jadi karena dari pemasangan pipa banyak yang berada di atas tanah, dan ini sudah sangat mnyalahi teknis pemasangan pipa air bersih yang saharusnya berada paling tidak di 30 senti meter dalam tanah. Bak air juga yang seharusnya lokasinya berada di atas, menurut mantan Kumtua Makalisung tetapi faktanya di Buat bak induk di bawa tidak sampai di mana yang pernah di tunjukan oleh Kumtua satu tahun lalu," ungkap Limpek.

Menurut info dilapangan ekerjaan tersebut sempat mengalami terlambat waktu pelaksanaannya, dan seteleha di resmikan oleh Bupati Minahasa Utara, hanya berjalan dua bulan kondisi bak penampungan sudah rusak sehingga masyarakat sudah tidak bisa merasakan manfaanya lagi.

"Kalau bisa saya katakan dengan kondisi proyek ini adalah salah satu bentuk perampokan uang negara, dan saya tehaskan lagi agar aparat enegak Hukum Polda Sulut untuk mengusut sampai tuntas dan dalam pengujian atau audit diharapkan menggunakan TIM independen biar terang benderang kerugian negara yang di akibatkan oleh perusahan kontraktor seperti ini, dan dalam waktu satu dua hari kedepan saya akan membawa laporan resmi terkait dengan masalah pekerjaan yang di duga asal-asalan ini. Dan saya minta Kepala Dinas PUPR Minut, Kabid Cipta Karya Minut PPK dan Pengawas, serta Konsultannya di Panggil dan di periksa. Kalau terbukti saya minta di penjarakan saja oknum-oknum seperti ini Yang dengan sengaja merugikan merampok keuangan Negara agar terjadi efek jerah.(@i)