Sosok Lurah Olvien Pandean Yang Stand By di Pelayanan Masyarakat dan Maksimal Menjaga Kebersihan Lingkungan Airmadidi -->
Cari Berita

Advertisement

Sosok Lurah Olvien Pandean Yang Stand By di Pelayanan Masyarakat dan Maksimal Menjaga Kebersihan Lingkungan Airmadidi

Rabu, 03 Agustus 2022

Olvien Pandean S.Sos

MASYARAKAT Airmadidi ketiban durian runtuh dengan hadirnya Lurah Olvien Pandean S.Sos. Dedikasi dan komitmen Olvien sapaan akrab Lurah yang lantik Bupati Joune Ganda pada 27 Mei 2022 tak diragukan.

Baru menjabat sekira dua bulan sebagai Lurah Airmadidi, jajaran staf di kantor Lurah langsung dibagikan seragam merata tanpa terkecuali. Dari mana anggaran? Lurah Olvien menjawab bahwa dana seragam stafny di rogoh dari kocek sendiri.

"Jabatan ini cuma amanah, dan kehadiran saya di kelurahan Airmadidi karena ingin mengabdi dan memberi diri untuk pelayanan. Dan tentunya harus memberikan yang terbaik. Kalau soal seragam yang saya bagikan itu bagian dari reward untuk staf-staf saya," tutur Lurah Olvien.

Selain memberikan pelayanan maksimal kepada warganya terkait urusan administrasi, mantan kasubag Umum dan Kepegawaian kantor Camat Airmadidi Pemkab Minut ini terkenal dengan keadilan dalam melaksanakan Program.

Dan yang patut diacungi jempol dan wajib menjadi contoh bagi Lurah yang lain adalah soal tanggung jawab Lurah Olvien dalam menjaga kebersihan Lingkungan.

Ibu dari Macloudry Mogot, calon Sarjana Perminyakan STT Migas Kalimantan dan Angelita Mogot mahasiswi Manajemen semester 3 di Unklab, setiap pagi jam 5, sudah turun dari rumah naik motor untuk mengangkat sampah-sampah di jalan protokol Airmadidi, mukI dari jalur Perbertasan Bitung-Minut, Tumaluntung, Perbatasan Tol, hingga jalan Tondano-Airmadidi.

"Kita di Airmadidi ini banyak sampah-sampah plastik titipan dan puntung rokok yang biasanya menjadidi sasaran warga yang melintas baik dari Manado ke Bitung dan sebaliknya.

Nah karena itu harus ada upaya ekstra yang dilakukan agar supaya daerah Airmadidi yang menjadi daerah perlintasan tetap terlihat bersih dan rapi," tutur Olvien, seraya berharap kesadaran warga terhadap menjaga kebersihan lingkungan untuk diperhatikan.


Aksi Lurah Olvien terhadap kesiap siagaanya dalam menjaga kebersihan lingkungan Airmadidi bahkan sempat kepergok langsung bupati Joune Ganda yang melakukan aktivitas olah raga di hari Jumat saat lurah Olvien sedang berada di dalam drainase untuk mengangkat sampah disekitar jalan menuju kantor Bupati Pemkab Minut tepatnya di areal depan SMK Airmadidi.

"Kalau jumpa pak Bupati saat saya bersama suami membersihkan lingkungan bukan baru sekali. Ini bukan soal ingin cari muka tetapi soal tanggung jawab karena masalah sampah ini harus menjadi perhatian serius kita bersama. Tentunya aktivitasbsaya dalam menjaga lingkungan tak mengurangi pelayanan langsung ke masyarakat di kantor Lurah harus tetap optimal.

Airmadidi ini lanjut Lurah Olvien menjadi pusat kabupaten Minut, sehingga kelestarian alam dan kebersihan lingkunganya harus terjaga sebagai identitas kami warga yang sadar kebersihan lingkungan," paparnya.

Untuk menunjang aktivitasnya, Lurah Olvien tak sungkan berharap agar pemerintah pusat, Pemprov Sulut dan Pemkab Minut bisa memberikan bantuan kendaraan sampah.

"Jadi kebutuhan selain kendaraan sampah, Kelurahan Airmadidi ini juga butuh tempat-tempat tertentu untuk dijadikan penitipan sampah sementara yang tertutup sebelum diangkut ke lokasi pembuangan akhir," tukas Lurah Olvien.

Selanjutnya, Kepala-kepala Lingkungan juga kedepan diharapkan bisa dilengkapi dengan kendaraan motor sampah untuk memaksimalkan kinerja mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Hadirnya kendaraan motor sampah ini akan sangat membanyu mobilitas kepala-kepala lingkungan menjangkau daerah-daerah di wilayah Airmadidi.

Karna faktor wilayah ini saya bersama suami sempat mengangkat sampah menggunakan pick up di tanggal merah saat tak ada aktifitas pemerintah, agar supaya lingkungan tetap bersih maka saya  berinisiatif mengangkat sampah-sampah itu dengan menyewa mobil pick up," pungkasny.(***)